Menu

Mode Gelap
Negara Intip Kamar Tidur Orang? Nikah Beda Agama Menurut Rocky dan Ade di MK Biaya Politik Mahal, UU Pileg dan Pilpres Diuji Seorang Warga di MK Indonezijski Vikend 2022 Digelar Selama 2 Hari Kepada Jokowi Presiden Korsel Sampaikan Kekhawatiranya Ancaman Nuklir Dari Korut Pembangunan Huntap Tahap II Pasca Bencana Sulteng Oleh Kementerian PUPR

Berita Terbaru · 28 Sep 2022 WIB ·

Peran HMI Untuk Cegah Politik Uang Di Indonesia


					Peran HMI Untuk Cegah Politik Uang Di Indonesia Perbesar

SAMPULNUSANTARA.COM – Pengaruh politik uang (money politics) sejak pemilihan umun (Pemilu) tahun 2004 sampai 2019  menghasilkan sistem pemilu pada saat itu menggunakan politik yang korup.

Demokrasi bisa dibajak oleh mereka yang miliki infrastruktur dan uang. HMI harus mencegah terjadinya money politics pada Pemilu serentak 2024″ ujar Chairil Ripani ketika berdiskusi pada forum LK 3 Badko HMI Kalselteng dengan beberapa Peserta dan Komisioner KPU RI Bapak Idham Kholik pada hari senin, 26 September 2022.

Chairil menuturkan, politik uang ini bisa cepat populer karena bisa membeli media tv dan media kampanye lainnya. Sementara politisi idealis memiliki keterbatasan finansial untuk memperkenalkan gagasan populis pro kerakyatan.

Chairil meminta kepada  kawan” HMI untuk berada pada garis terdepan guna mencegah terus menerus berlangsungnya pembajakan demokrasi oleh kaum berduit dan berpengaruh.

Caranya, kata chairil, dengan jalan mulai selarang mengkampanyekan politik anti uang pada setap proses pemilihan anggota DPRD/DPR, Bupati, gubermur, hingga presiden.

“PB HMI sudah membuat lembaga pemantau independen pemilu tapi HMI yang di daerah juga harus membuat pemantau independen pemilu di setiap kabupaten/kota yang ada di Indonesia guna praktek politik uang bisa diberantas agar berdemokrasi secara berdaulat itu tercipta. ucapnya

Caranya, lanjutnya, yaitu  dengan mengenalkan gagasan politik mereka kepada rakyat dalam setiap aktivitas.

Dijelaskannya, yang bisa menjadikan demokrasi sistem yang fair adalah kita sendiri. Karena HMI dan orang-orang yang tidak menggunakan hak pilihnya alias (Golongan Putih/Golput) tidak boleh berdiam diri.

“Peran HMI ini sendiri adalah inti dari pada inti perubahan, harus bisa mengubah proses demokrasi yang kini dibajak oleh para pemilik uang,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, peran HMI sebagai komponen masyarakat yang memiliki kekuatan moral dapat memperbaiki kehidupan demokrasi agar terciptanya pemilu berdaulat.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pimpinan Sidang Saidan Pahmi: Rifqinizamy Karsayuda Terpilih Sebagai Presidium MN KAHMI

27 November 2022 - 19:55 WIB

Ini Honor PPK dan PPS Pemilu 2024, Rifqinizamy: Kami Perjuangkan Tiga Kali Lipat!

14 November 2022 - 20:27 WIB

71 Persen Masyarakat Maklum Money Politic, Rifqinizamy: Peran Guru Ciptakan Pemilih Cerdas

14 November 2022 - 19:44 WIB

Rifqinizamy Bersama Barisan Pemadam Kebakaran, Jadi Pemilih Cerdas 2024

14 November 2022 - 13:38 WIB

Proyek Labkesda Dinkes Banjar Dituding Kongkalikong, Kontraktor Akan Ajukan Somasi

28 Oktober 2022 - 23:16 WIB

Jembatan Barito II, BPJN Kalsel Lakukan Studi Kelayakan

26 Oktober 2022 - 17:40 WIB

Trending di Berita Terbaru