Menu

Mode Gelap
Negara Intip Kamar Tidur Orang? Nikah Beda Agama Menurut Rocky dan Ade di MK Biaya Politik Mahal, UU Pileg dan Pilpres Diuji Seorang Warga di MK Indonezijski Vikend 2022 Digelar Selama 2 Hari Kepada Jokowi Presiden Korsel Sampaikan Kekhawatiranya Ancaman Nuklir Dari Korut Pembangunan Huntap Tahap II Pasca Bencana Sulteng Oleh Kementerian PUPR

Berita Terbaru · 8 Agu 2022 WIB ·

Puluhan Oganisasi Lintas Banua Terima Suguhan Pancasila Dari BPIP di MRK Coffee

Puluhan pemuda mahasiswa lintas organisasi di Banjarmasin terima suguhan Membumikan Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sosialisasi Pancasila di MRK Coffee, Senin (8/8/2022) sore, dengan tema Gotong Royong Membumikan Pancasila. Foto: sampulnusantara.com Perbesar

Puluhan pemuda mahasiswa lintas organisasi di Banjarmasin terima suguhan Membumikan Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sosialisasi Pancasila di MRK Coffee, Senin (8/8/2022) sore, dengan tema Gotong Royong Membumikan Pancasila. Foto: sampulnusantara.com

SAMPULNUSANTARA.COM – Puluhan pemuda mahasiswa lintas organisasi di Banjarmasin terima suguhan Membumikan Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar sosialisasi Pancasila di MRK Coffee, Senin (8/8/2022) sore, dengan tema Gotong Royong Membumikan Pancasila.

Sosialissi Pancasila oleh BPIP dan Komisi II DPR RI ini disampaikan oleh Elfrida Herawati Siregar Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP dan anggota Komisi II DPR RI HM Rifqinizamy Karsayuda.

Elfrida Herawati Siregar menuturkan Pancasila tidak hanya sebagai ideologi negara namun juga falsafah bangsa.

“Pancasila digali dari bumi-bumi Nusantara,  Pancasila menyatukan suku-suku, ras, dan agama yang berbeda,” ujar Elfrida di hadapan audience.

Dia mengatakan presiden Joko Widodo mengamanatkan BPIP untuk bergotong royong membumikan Pancasila ke akar rumput, terutama ke generasi milenial.

Salah satu gotong royong membumikan Pancasila, kata Elfrida melalui Jejaring Panca Mandala (JPM) yakni perwakilan dari pemerintah, ormas, pendidikan, pengusaha dan media.

“Kelima perwakilan 5 unsur ini, akan menjadi mitra dari BPIP menjadi pelopor membumikan ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di daerahnya masing-masing,” jelasnya.

HM Rifqinizamy Karsayuda menambahkan Pidato Bung Karno di hadapan sidang umum PBB tentang konsep Pancasila yang merupakan inti peradaban di Indonesia.
<span;>”Bung Karno menyampaikan inti dari Pancasila di kancah dunia, yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Nasionalisme, Demokrasi, dan keadilan sosial,” ujar Bang Rifqi sapaan akrabnya.

Prinsip Gotong Royong, ucap Bang Rifqi salah satu ciri khas yang masih melekat dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Mantan aktivis HMI ini menuturkan semangat gotong royong harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam membumikan Pancasila.

Legislator asal Kalimantan Selatan ini berpesan kepada audiens terutama milenial untuk berani menggantungkan mimpi.

“Selama kita punya keberanian dalam alam demokrasi, kita bisa menjadi siapa saja,” imbuhnya.

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pimpinan Sidang Saidan Pahmi: Rifqinizamy Karsayuda Terpilih Sebagai Presidium MN KAHMI

27 November 2022 - 19:55 WIB

Ini Honor PPK dan PPS Pemilu 2024, Rifqinizamy: Kami Perjuangkan Tiga Kali Lipat!

14 November 2022 - 20:27 WIB

71 Persen Masyarakat Maklum Money Politic, Rifqinizamy: Peran Guru Ciptakan Pemilih Cerdas

14 November 2022 - 19:44 WIB

Rifqinizamy Bersama Barisan Pemadam Kebakaran, Jadi Pemilih Cerdas 2024

14 November 2022 - 13:38 WIB

Proyek Labkesda Dinkes Banjar Dituding Kongkalikong, Kontraktor Akan Ajukan Somasi

28 Oktober 2022 - 23:16 WIB

Jembatan Barito II, BPJN Kalsel Lakukan Studi Kelayakan

26 Oktober 2022 - 17:40 WIB

Trending di Berita Terbaru