Menu

Mode Gelap
Negara Intip Kamar Tidur Orang? Nikah Beda Agama Menurut Rocky dan Ade di MK Biaya Politik Mahal, UU Pileg dan Pilpres Diuji Seorang Warga di MK Indonezijski Vikend 2022 Digelar Selama 2 Hari Kepada Jokowi Presiden Korsel Sampaikan Kekhawatiranya Ancaman Nuklir Dari Korut Pembangunan Huntap Tahap II Pasca Bencana Sulteng Oleh Kementerian PUPR

Berita Terbaru · 26 Sep 2022 WIB ·

Rifqinizamy dan FORMAPPI Ingatkan Bahaya Politik Uang dan Politik Identitas


					Ingatkan bahaya politi uang dan politik identitas, KPU RI bersama Komisi II DPR RI laksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu bersama Organisasi Kepemudaan di Kota Banjarbaru, Senin (26/09/2022). Foto: MRK Perbesar

Ingatkan bahaya politi uang dan politik identitas, KPU RI bersama Komisi II DPR RI laksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu bersama Organisasi Kepemudaan di Kota Banjarbaru, Senin (26/09/2022). Foto: MRK

SAMPULNUSANTARA.COM – Ingatkan bahaya politi uang dan politik identitas, KPU RI bersama Komisi II DPR RI laksanakan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilu bersama Organisasi Kepemudaan di Kota Banjarbaru, Senin (26/09/2022).

Kegiatan tersebut diisi oleh dua narasumber, diantaranya Muhammad Rifqinizamy Karsayuda dari Komisai II DPR RI dan Lusius Karus dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen (FORMAPPI).

Rifqinizamy Karsayda mengingatan bahaya politik uang dan politik identitas, yang mana diharapkan peran pemuda untuk memfilter kepentingaan politik yang bisa berdampak pada memecah belah persaudaraan agama dan bangsa.

“Inilah wadah untuk para mahasiswa dan pemuda bagaimana mengawal pemilu serentak 2024 dari bahaya politik uang dan politik indentitas,” ucapnya.

Menurutnya mahasiswa sebagai patron perubahan, memiliki kekuatan untuk menciptakan pemillu yang berkulitas, dengan memanfaatkan digitalisasi, sehingga masyarakat tercerahkan dan terhindar dari informasi yang merusak persatuan dan kesatuan.

“Lewat digitalisasi bagaimana mahasiswa pemuda melihat calon pemimpin yang benar benar membangun serta memiliki visi yang jelas kedepan, sehingga diikuti oleh masyarakat,” terangnya.

Lusius Karus dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen (FORMAPPI) menyampaikan, penetuan waktu penyelenggaran pemilu 14 Februari 2024 melewati proses yang sangat alot, menimbang berbagai macam pertimbangan.

“Menyelenggaran dua pemilu secara nasioal baik baik daerah maupun nasional dalam satu waktu, sehingga sangat menyita waktu dan enegri teman teman pemilu dari bawaslu untuk terselenggaranya pemilu yang baik,” ujarnya.

Ia juga menyinggung beberapa kendala yang akan dihadapi pada tahapan, seperti daftar pemilih, adminstrasi partai yang belum masuk parlemen, serta peserta pemilih akan mengecek apakah ia terdaftar sebagai pemilih atau tidak serta publik akan dihadapkan dengan informasi kesibukan parpol untuk memilim koalisi.

“Saya juga mendengar informasi pengumpulan KTP ada dilakukan tidak door to door tapi melewati data yang diambil langsung daru RT dan kelurahan,” terangnya.

Ia juga menyinggung soal money politic, mengingatkan bahwa politik uang sangat merusak demokrasi di indonesia.

“Seperti berita yang ramai, korupsi dilakukan oleh Gubernur Papua, yang mana juga diduga uang banyak mengalir ke pastainya,” ingatnya.

Sejak awal yang harus diingatkan, banyaknya pilihan yang akan menguras energi penyelenggara serta masyarakat dihapkan dengan banyak pilihan, serta berita hoax yang akan membawa informasi bebas tersebar, maraknya politik uang serta pandemi covid-19 serta politik identitas yang menimbulkan sara.

“Hal ini sangat mengancam intgrasi bangsa,”tuturnya.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pimpinan Sidang Saidan Pahmi: Rifqinizamy Karsayuda Terpilih Sebagai Presidium MN KAHMI

27 November 2022 - 19:55 WIB

Ini Honor PPK dan PPS Pemilu 2024, Rifqinizamy: Kami Perjuangkan Tiga Kali Lipat!

14 November 2022 - 20:27 WIB

71 Persen Masyarakat Maklum Money Politic, Rifqinizamy: Peran Guru Ciptakan Pemilih Cerdas

14 November 2022 - 19:44 WIB

Rifqinizamy Bersama Barisan Pemadam Kebakaran, Jadi Pemilih Cerdas 2024

14 November 2022 - 13:38 WIB

Proyek Labkesda Dinkes Banjar Dituding Kongkalikong, Kontraktor Akan Ajukan Somasi

28 Oktober 2022 - 23:16 WIB

Jembatan Barito II, BPJN Kalsel Lakukan Studi Kelayakan

26 Oktober 2022 - 17:40 WIB

Trending di Berita Terbaru