Menu

Mode Gelap
Negara Intip Kamar Tidur Orang? Nikah Beda Agama Menurut Rocky dan Ade di MK Biaya Politik Mahal, UU Pileg dan Pilpres Diuji Seorang Warga di MK Indonezijski Vikend 2022 Digelar Selama 2 Hari Kepada Jokowi Presiden Korsel Sampaikan Kekhawatiranya Ancaman Nuklir Dari Korut Pembangunan Huntap Tahap II Pasca Bencana Sulteng Oleh Kementerian PUPR

Internasional · 4 Agu 2022 WIB ·

Menlu RI Sambut Baik Perayaan 50 Tahun Hubungan ASEAN-Jepang Tahun Depan

Menlu RI Sambut Baik Perayaan 50 Tahun Hubungan ASEAN-Jepang Tahun Depan Perbesar

SAMPULNUSANTARA.COM – “Indonesia mengharapkan kiranya kerja sama konkrit yang saling menguntungkan dan inklusif di Indo-Pasifik dapat dikedepankan dalam kemitraan ASEAN-Jepang di masa mendatang”, kata Menlu Retno di Pertemuan ASEAN-Japan Ministerial Meeting, Phnom Penh, dikutip dari kemlu.go.id Kamis (04/08/2022).

Menlu RI sampaikan bahwa ASEAN telah memiliki ASEAN Outlook on the Indo Pacific dengan memberikan prioritas pada 4 bidang kerjasama yaitu: maritime, konektivitas, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. Kerjasama konkrit dan inklusif ini diharapkan dapat berkontribusi pada perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan Indo-Pasifik.

Selain kerjasama konkrit di Indo-Pasifik, Indonesia juga tekankan pentingnya ASEAN-Jepang melanjutkan kerjasama dalam membangun ketahanan kesehatan Kawasan. Dalam rangka ketahanan Kawasan, Jepang telah bekerjasama dengan ASEAN dalam pendirian ASEAN Centre for Public Health Emergency and Emerging Diseases (APCHEED), dimana tiga centernya berada di Indonesia, Thailand dan Vietnam. Kerjasama lebih lanjut diperlukan dalam operasionalisasi center tersebut.

Masih mengenai kerjasama kesehatan, beberapa prioritas yang dapat dilakukan antara lain di bidang investasi, riset, training untuk pekerja kesehatan dan perkuat industry kesehatan.

Menlu RI sambut baik perayaan 50 tahun hubungan ASEAN-Jepang tahun depan. Pertemuan telah sepakati logo dan slogan perayaan 50 tahun hubungan ASEAN -Jepang. Menlu Retno harapkan perayaan tersebut dijadikan momentum perkuat kerjasama.

Bersamaan dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023, akan diselenggarakan KTT peringatan 50 tahun ASEAN-Jepang di Tokyo dengan tema perayaan “Golden Friendship, Golden Opportunities”.

Pertemuan telah mengadopsi Concept Paper KTT Perayaan 50 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN – Jepang, yang akan diselenggarakan tahun 2023.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pimpinan Sidang Saidan Pahmi: Rifqinizamy Karsayuda Terpilih Sebagai Presidium MN KAHMI

27 November 2022 - 19:55 WIB

Ini Honor PPK dan PPS Pemilu 2024, Rifqinizamy: Kami Perjuangkan Tiga Kali Lipat!

14 November 2022 - 20:27 WIB

71 Persen Masyarakat Maklum Money Politic, Rifqinizamy: Peran Guru Ciptakan Pemilih Cerdas

14 November 2022 - 19:44 WIB

Rifqinizamy Bersama Barisan Pemadam Kebakaran, Jadi Pemilih Cerdas 2024

14 November 2022 - 13:38 WIB

Proyek Labkesda Dinkes Banjar Dituding Kongkalikong, Kontraktor Akan Ajukan Somasi

28 Oktober 2022 - 23:16 WIB

Jembatan Barito II, BPJN Kalsel Lakukan Studi Kelayakan

26 Oktober 2022 - 17:40 WIB

Trending di Berita Terbaru